Rabu, 25 Februari 2009

Ibunda IFA-DEDEK dan CITRA AL MADINA

(Imla dalam acara Himpaudi Sumbar di Pangeran's Beach Hotel)

Kegiatan Outing TK Citra Al Madina Padang ke LANUD Tabing


Melatih bicara anak sejak dini akan membantu kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak dengan lingkungan. Setiap apa yang dikatakan oleh orang tua, akan tersimpan di memori otak anak, dan suatu saat si anak akan meniru apa yang dia perolehnya, baik itu yang diajarkan orang tua maupun oleh orang-orang disekitarnya. Betapa penting mengajarkan bicara anak dengan kata-kata yang patut dicontoh oleh anak, meskipun si anak saat ini belum dapat berbicara satu dua kata pun. Berikut adalah tips mengajarkan bicara bagi bayi atau anak Anda :

* Ajaklah anak berbicara sesering mungkin, sejak dini, meskipun sebenarnya mereka belum waktunya berbicara.
* Berbicara dengan anak menggunakan suara yang lembut, karena anak lebih suka dengan suara yang lembut.
* Hindarkan berbicara kata kasar dan buruk di depan anak. Karena apa yang Anda ucapkan akan tersimpan di memori otak anak. Suatu saat kata-kata itu akan ditiru oleh anak Anda.
* Selain Anda mengajak bicara anak sesering mungkin, dengarkan juga apa yang diucapkan oleh anak meskipun kata-katanya belum begitu jelas. Lalu berilah respon terhadap apa yang dia katakan. Hal ini akan membuat si anak senang untuk berbicara.
* Jangan menyalahkan apa yang dia katakan. Ulangi apa yang disampaikan meskipun salah dengan kata yang benar dan berulang-ulang.
* Ajak anak berbicara sambil memakai pempers, sambil bermain ataupun sambil berjalan-jalan denan anak. Kombinasi waktu berbicara dengan anak membuat anak tidak bosan dan lebih menyenangkan buat anak.
* Lihat respon anak saat diajak berbicara. Jika anak masih memperhatikan Anda, maka Anda dapat terus mengajak anak untuk berbicara. Tetapi kalau anak tidak lagi memperhatikan Anda dan mulai mengalihkan perhatian, maka sebaiknya Anda menghentikan untuk sementara waktu berbicara dengan anak, untuk diulang lagi di lain waktu. Mungkin anak mulai bosan, jangan dipaksakan.
(Bahan : Diringkaskan Dari berbagai Sumber)


Seminar Tekhnik Mendongeng bersama Kak BIMO di Pangeran's Beach Hotel


Beberapa diantara guru TK-PAUD Citra Almadina (ka-ki : Teacher Vivit, saya (jilbab putih), Teacher Yanti, Teacher In Sempoa dan Teacher Sofie) ketika sedang membimbing anak-anak Outing ke Pantai Padang (Tema : Laut Ciptaan Allah SWT)



Tidak ada komentar: