Jumat, 01 April 2011

Biasakan Anak Minum Air Putih Sejak Kecil

Ditulis ulang : Imla W. Ilham

Jika disodorkan dua gelas jenis minuman yakni segelas air putih (air mineral) dan segelas minuman berwarna dan berasa (contoh air sirup), kebanyakan anak pasti akan memilih minuman yang berwarna ketimbang air putih. Meskipun tidak ada larangan untuk mengkonsumsi air yang berwarna dan berasa, namun mengkonsumsi air putih jauh lebih baik, karena mineral pada air sangat baik untuk menjaga kesehatan. Seperti yang dikutip dari buku 'Air Bagi Kesehatan', air minum yang aman untuk dikonsumsi harus memenuhi semua persyaratan kualitas air minum, yang meliputi persyaratan fisik (jernih, tidak berbau, dan tidak berasa), mikrobiologi (tidak boleh mengandung mikroba patogen, virus, bakteri, parasit) , kimiawi (mengandung garam mineral namun tidak boleh mengandung zat kimia berbahaya), dan radioaktif (bebas dari zat radioaktif). Supaya si kecil gemar minum air putih (air mineral), mulailah ajarkan anak untuk terbiasa minum air putih setiap ia merasa haus atau minimal satu gelas air putih setiap satu jam.

"Mulailah kenalkan kebiasaaan minum air putih pada anak sejak dini. Karena ketika anak sudah mengenal jenis variasi minuman, maka anak akan lebih tertarik untuk minum minuman yang berwarna dan berasa," jelas DR. dr. Saptawati Bardosono, MSc, ahli gizi dari Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), dalam acara 'Hydration and Health', beberapa waktu lalu, di Jakarta. Dr. Saptawati pun memberikan tips agar anak gemar minum air putih. Namun demikian, orangtua harus sabar karena anak yang sudah terlanjur menyukai minuman yang berwarna dan berasa biasanya akan sedikit sulit untuk meningalkan kebiasaannya tersebut dan beralih menggemari air putih.
  • Hidangkan air putih dalam gelas yang dapat menarik perhatian anak, seperti gelas yang bergambar tokoh idolanya atau gelas yang berwarna-warni.
  • Berikan variasi dalam segelas air putih yaitu dengan memberikan potongan buah-buahan, seperti strawberry, pepaya, apel atau buah yang menjadi kesukaan si kecil.
  • Berikan sedotan warna-warni didalam gelasnya.
Sumber : http://www.hanyawanita.com/

Tidak ada komentar: