Senin, 21 Desember 2009

Mulailah Belajar Berhenti Merokok

Oleh : Imla W. Ilham, S.Ag

Satu hal yang ingin saya garis bawahi, bahwa saya sangat menghormati dan menyayangi suami saya. Itu pasti. Ia imam saya dan dalam kondisi apapun yang terjadi padanya, saya harus menjadi "solusi terbaik" bagi nya. Saya adalah soulmate-nya. Dalam kondisi apapun. Banyak hal-hal yang saya kagumi darinya. Berbagai hal banyak yang saya pelajari darinya. Beberapa perubahan kontributif dalam diri saya, ia-lah yang banyak memegang andil. Di antara banyak kelebihan yang saya kagumi dari diri seorang Muhammad Ilham - ayah dari anak-anak saya - ada beberapa hal yang harus saya koreksi. Bukan menentang, tapi mengingatkan. Dua hal yang berbeda. Diantara beberapa perilakunya yang menurut saya tidak kontributif bagi potensi talenta dan fisiknya, satu per satu sudah mulai berubah. Namun ada satu yang sampai hari ini belum bisa saya atasi dari dirinya yaitu MEROKOK. Saya tahu, kebiasaan ini sudah dilakukannya sebelum menikah dengan saya. Walau bukan perokok berat, tapi bagi saya merokok tidak produktif bagi dirinya dan lingkungan. Rata-rata satu hari ia menghabiskan satu bungkus rokok Surya 16. Ketika saya minta ia berhenti merokok, ia akan berdiplomatis ..... dan biasanya saya kalah. Ia pintar menyusun kata-kata dan berargumentasi. Tapi, ia mengakui pada saya bahwa merokok adalah seseuatu yang tidak baik, dan ia berjanji akan mengurangi ...... ya, mengurangi.


Walau proses pengurangan tersebut tidak begitu signifikan, tapi yang jelas, sebagai istri saya selalu mengingatkannya. Ini adalah ibadah, wujud cinta saya pada keluarga. Akhir-akhir ini, saya tidak mengajaknya diskusi tentang rokok, tapi saya lebih suka mengumpulkan beberapa fakta (baik artikel ataupun gambar) tentang rokok, dan biasanya akan saya berikan padanya dalam suasana "diam", tanpa bicara ...... dan ia baca dan lihat. Biasanya ia akan bilang : "terima kasih ...... saya akan terus belajar untuk berhenti merokok, back up terus saya dengan arif bijaksana". Gambar dibawah ini adalah beberapa diantara gambar-gambar yang pernah saya perlihatkan pada suami saya tentang "apakah penting bagi manusia merokok ?" (saya up-load dari beberapa sumber terutama www.google.com).


Tidak ada komentar: