Sabtu, 09 Juni 2012

Liburan a-la Euro versus a-la Kampoeng


Catatan #8 : Ayah Iffa & Malika (Muhammad Ilham)



















Bujang, waktu mengantar si Kirana ke sekolah pagi tadi
Banyak betul saya lihat billboard bertebaran di pinggiran jalan
Sambil memakan sirih, saya terpana-membaca :

"LIBURAN SERU, BERGAYA EURO"

Bujang ..... tahukah kau
Terlihat gambar pasangan muda dengan anak-anak mereka
Bersiap-siap hendak mengisi liburan .......... a-la Euro !!

Bujang, kutelpon Kirana, kutanya bila anak-anak kita liburan
Dengan suara sejuk, Kirana menjawab : "tiga minggu lagi, bang"
(dengar suaranya saja, letih-penat badan saya, lunas !)

Saya-pun bersuara pada Kirana :
"Kirana sayang, mari nanti kita LIBURAN A-LA KAMPUNG"

Dan saya pun mempersiapkan liburan anak-anak saya
Mereka berdua akan saya "terbangkan" ke kampung halaman
 


Air Bangis .... pinggir laut
Disana mereka berdua
akan merasakan hakikat liburan itu
bertemu dengan nenek mereka
bertemu dengan kakek mereka
bertemu dengan anak-anak mamak mereka
bertemu dengan anak-anak uci-uci mereka
bertemu dengan anak-anak saudara-saudara saya
bertemu dengan kuliner kampung tercinta
bertemu dengan bahasa ibu kebanggaan saya
bertemu dengan keaslian dan improvisasi original

dan ... kelak, bila mereka besar
mereka akan berkata : "saya punya kampung halaman, dan saya bangga dengannya".

Bujang .............. sudahkah kau makan sirih dan pinang ?



(Catatan #8 di Facebook Suami : Muhammad Ilham Fadli FB)

Tidak ada komentar: